10 Juta UMKM Sudah Digital

Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki pastikan program 10 juta UMKM Go Digital telah terwujud. Karena, per 26 November jumlah UMKM yang sudah masuk ekosistem digital sudah tembus 16 % atau capai 10,25 juta.

“Sekarang ini sudah terdata ada 16 % (10,25 juta) UMKM yang datang dalam ekosistem digital,” keras Menteri Teten dalam seminar-online UMKM Go Digital : From Local to Global Champion, Kamis (26/11).

Teten menjelaskan, lompatan besar itu tidak terlepas mulai dari tumbuhnya kesadaran aktor UMKM untuk manfaatkan pemasaran secara daring. Ingat ada tiga faedah positif yang dirasa aktor UMKM.

Pertama, kenaikan rasio usaha. “Sebab dalam berproduksi jumlah besar ongkos lebih. ekonomis,” tuturnya.

Ke-2 , ada kenaikan kualitas produk. “Ini supaya bisa berkompetisi dengan usaha besar dan di pasar digital,” jelasnya.

Faedah paling akhir atau ke-3 , minat untuk tingkatkan literasi digital. Ingat kepiawaian aktor UMKM dalam keterampilan digital akan tentukan keberhasilan usaha. “Seperti menjalankan piranti elektronik, program, dan yang lain,” tutupnya.

Awalnya, Menteri Koordinator Sektor Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan mengatakan, pemerintahan tengah menggerakkan 10 juta usaha mikro kecil menengah (UMKM) tersambung dengan basis digital melalui program itu. Karena, sekarang ini baru 13 % atau 8 juta aktor UMKM yang go digital.

“Kita harus bekerja bersama untuk capai produk 2 juta UMKM masuk go digital. Sebab telah ada 8 juta lebih UMKM yang telah usaha secara online,” katanya dalam seminar-online lewat Zoom, Rabu (1/7).

Luhut percaya diri sasaran itu bisa diraih di tahun ini. Susul melesatnya trend berbelanja online sepanjang wabah Covid-19 berjalan dipercaya bisa mengangkat jumlah UMKM yang akan go digital.

Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto menjelaskan, beberapa aktor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) bisa pasarkan produk mereka secara hybrid, yakni secara daring luring di tengah-tengah wabah.

 

Updated: January 15, 2021 — 6:39 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *