Indonesia Beli Vaksin Pfizer

Menteri Koordinator Sektor Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan beberapa lalu sempat menjelaskan, dia sudah pulang bawa oleh-olehan dari Amerika Serikat berkaitan vaksin Covid-19 racikan Pfizer.

Waktu berunding dengan Wakil Presiden AS Mike Pence, Luhut mengatakan AS akan tolong penyediaan vaksin Covid-19 untuk Indonesia. Ia mengutarakan telah ada persetujuan di antara Pfizer dengan Bio Farma untuk lakukan kerja sama itu.

Menanggapi pengakuan itu, Direktur Operasi PT Bio Farma M Rahman Roestan sampaikan, faksinya akan membahas tiap saran kerja sama vaksin Covid-19 dari negara luar.

“Satu kali lagi untuk kekuatan kerja sama kita harus riset benar. Sebab beberapa patokan harus kita pikirkan,” kata Rahman dalam sesion teleconference, Kamis (26/11/2020).

Tidak cuma permasalahan kecepatan dan kecukupan, dia menambah, dan juga masalah kepraktisan peredaran vaksin Covid-19 di atas lapangan. Karenanya akan diukur melalui kesuksesan pembagiannya di beberapa propinsi.

“Kita kan negara kepulauan dengan keadaan negara tropis. Tentu saja bakal ada rekonsilasi yang perlu kita riset benar,” tutur ia.

“Jadi sama pada umumnya, seluruh kekuatan kerja sama dengan global mitra harus kita ulasan secara mendalam,” pungkas Rahman.

Seirama, Kepala Tubuh Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Penny Lukita menjelaskan, faksinya akan lakukan pengiringan untuk menyaksikan apa vaksin Covid-19 itu laik disuntikan secara massal di Indonesia.

“Jawaban saya sesungguhnya sama. Tubuh POM dalam masalah ini apa saja keputusan dari pemerintahan untuk pilih vaksin Covid-19 yang mana akan masuk di Indonesia, kami sedia mengikuti menyaksikan faktor kualitasnya, faktor keamanannya dan faktor manfaatnya,” katanya.

Tubuh Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) jamin kualitas dari vaksin Covid-19 yang dibuat PT Bio Farma (Persero). Pengakuan itu diberi sesudah dikerjakan inspeksi langsung produksi vaksin di Bandung.

Updated: January 15, 2021 — 6:28 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *