Lapangan Kerja Baru

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Kreasi Sumadi memaparkan keutamaan pembangunan Dermaga Patimban untuk memberikan dukungan tersedianya lapangan pekerjaan di Jawa Barat, khususnya di Subang. Dianya optimis, pembangunan dermaga ini akan meresap minimal 200 ribu lapangan pekerjaan baru.

“Bahkan juga untuk ibu-ibuk, kita sampaikan training kerajinan, itu dikasih ke wanita-wanita di seputar Patimban. Kita berharap dapat buat persaingan jadi desa-desa itu dapat untuk apa, hingga ini menjadi bola salju yang membuat Patimban jadi kemampuan ekonomi,” terang Menhub Budi.

Menhub Budi Kreasi memperjelas, walau pembangunan Dermaga Patimban mempunyai tujuan tingkatkan roda ekonomi, tetapi pendayagunaan warga tetap harus berjalan.

“Warga harus diberdayakan. Mereka harus pintar, trampil untuk lakukan kegiatan-kegiatan keekonomian,” katanya.

Awalnya, Ketua Umum Federasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI), Yukki Nugrahawan Hanafi menjelaskan Dermaga Patimban semestinya tidak cuma bekerja selaku operator terminal atau container.

Dermaga Patimban harus menjadi tulang punggung aktivitas export-impor di teritori industri Jawa Barat.

“Kami menyaksikan Patimban secara teritori terpadu secara interland,” kata Yukki dalam Diskusi Khalayak Online Kementerian Perhubungan bertema Dermaga Patimban dan Geliat Ekonomi Nasional, Jakarta, Jumat (20/11).

Dermaga Patimban adalah dermaga apung. Tempat dataran dermaga jadi posisi rutinitas dermaga dimulai dari bedah muat sampai posisi penyimpanan peti bungkus.

“Dermaga Patimban ini punyai backbone tempat di darat, ini baik untuk perusahaan, bisa saja tempat container,” katanya.

Yukki mengutarakan sekarang ini aktivitas export industri di teritori Jawa Barat dikerjakan di Dermaga Tanjung Priok, Jakarta Utara. Tetapi truk container yang bawa produk cuman dapat 1x pengangkutan sebab sering terjerat macet.

Karena itu, adanya Dermaga Patimban, diinginkan kelak dapat memuat 60 % aktivitas export. Karena itu, tahun 2023 kedepan, Pemerintahan akan membuat lajur tol untuk mempermudah akses ke arah dermaga. “Dengan Dermaga Patimban ini seluruh rutinitas logistik lebih efektif dan efisien,” katanya.

 

Updated: January 15, 2021 — 7:01 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *