Mampu Dorong UMKM Go Digital

Menteri Koperasi dan UKM (MenkopUKM) Teten Masduki mengutamakan ada tiga poin penting diamati dalam usaha menggerakkan UMKM go digital. Tiga hal itu mencakup kemampuan usaha, kualitas produk, dan literasi digital.

“Silahkan kita dampingi UMKM di kota dan kabupaten semasing dalam usaha cari kekuatan pasar baru, mendapati mode usaha inovatif,” ucapnya.

“Saya sampaikan animo setingginya ke kawan-kawan Bank Indonesia yang sudah memberikan dukungan aktivitas ICCF. Besar keinginan saya supaya kolaborasi, kerja sama dan kerjasama bersama dalam usaha meningkatkan UMKM tanah air tetap kita tambahkan,” tutur MenkopUKM.

Dalam aktivitas yang bertema “UMKM Go Digital: From Local to Global Champion” Teten mengutamakan dua faktor besar yakni alih bentuk digital dan akses rantai nilai (nilai chain).

Menurut dia, alih bentuk digital dan pendayagunaan tehnologi untuk UMKM Indonesia ialah kebenaran. Sekarang ini terdata baru 16 % UMKM yang datang dalam ekosistem digital. Hingga kerjasama jadi komponen penting yang semestinya jadi keunggulan kawan-kawan jaringan ICCN.

Sambungnya untuk mendatangkan UMKM dalam rantai nilai karena itu harus ada rasio keterlibatan rantai suplai global UKM Indonesia masih rendah 4,1 % seperti data ADB Institute pada 2020. Disamping itu perlu menyambungkan UMKM ke rantai nilai diantaranya dengan peluasan pasar dan peresapan produk KUMKM.

“Saya mengusung mengenai hadirnya trend konsumsi baru anak muda di penjuru dunia ‘custom culture’. Indonesia mempunyai beberapa empu-empu inovatif yang diisi oleh beberapa anak muda, “Custom culture” memungkinkannya kekuatan handmade Indonesia tembus pasar dunia,” terangnya.

Tentang hal pada tahun 2020, KemenkopUKM dan ICCN banyak bersinergi dan bekerjasama dalam mendatangkan local heroes UMKM di beberapa daerah.

Pemerintahan tengah rancang Omnibus Law Cipta Lapangan Kerja untuk tangani peraturan dan potong birokrasi.

Updated: March 26, 2021 — 10:52 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *