SDM Bidang Energi di Dunia Kerja

Di kesempatan itu, Laode sampaikan materi kuliah dengan judul “Pengokohan SDM Sektor Energi Masuk Dunia Kerja”, dengan 4 bab, yakni:

Kuliah umum ini adalah sisi dari usaha Departemen Tehnik Kimia Fakultas Tehnik Kampus Indonesia lewat Mata Tuntunan Kapita Selekta untuk menyiapkan calon sarjana baru hadapi dunia pekerjaan atau usaha dengan kapabilitas yang lebih penuhi keperluan dunia usaha, industri, dan riset.

Bauran energi primer EBT dalam energi mix nasional 9,15% di tahun 2019 dan kemampuan pembangkit EBT 10,3GW atau 12,4%

Daya saing tenaga kerja Indonesia menurut riset Institute for Management Development (IMD) memperlihatkan, daya saing tenaga kerja Indonesia masih ketinggalan dibanding beberapa negara ASEAN seperti Thailand, Malaysia, dan Singapura. Sesaat secara global, Indonesia ada di rangking 47 dari 63 negara.

Beberapa masalah masih ditemui Indonesia seperti rendahnya pengajaran karyawan dan ketidaksesuaian (mismatch) di antara pengajaran dengan pekerjaan. Majunya lembaga dan bangsa itu tidak akan terlepas dari kuatnya kualitas SDM yang dipunyai.

Beberapa peserta kuliah semangat dengan adanya banyak pertanyaan yang berjalan keseluruhan sepanjang 1,5 jam dari Pkl. 16.00 – 17.30 WIB.

Lewat “Good Governance and Clean Government”, macam usaha kenaikan service dikerjakan di seluruh baris. PPSDM KEBTKE siap juga layani keperluan peningkatan sumber daya manusia sektor ketenagalistrikan, energi baru, terbarukan dan pelestarian energi.

Updated: January 15, 2021 — 6:52 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *